Tuesday, October 23, 2007

Magang Produksi Drama Natal


GBKP Jakarta Pusat akan memproduksi sebuah drama Natal berjudul A CHRISTMAS CAROL yang diangkat dari novel karya Charles Dickens (penulis Oliver Twist). Kemudian novel ini diterjemahkan, diadaptasi, lalu didramaturgi oleh Joey Bangun dalam bentuk drama musikal.

A CHRISTMAS CAROL akan dibawakan secara kolosal dengan gaya Opera Broadway. Didukung oleh nyanyian dan tarian yang dibawakan oleh pemain yang berjumlah kurang lebih 25 orang. Selain itu Councino Choir akan mengisi dengan 3 lagu yang didukung oleh ilustrasi musik Mini Orchestra/Chamber yang direncanakan akan dipimpin oleh Conductor Fitra Barus.

Drama ini bersetting di kota London tahun 1843. Mengisahkan tentang seorang Saudagar/Duke bernama Eben Ezer Scrooge yang tidak menghargai tentang arti hari Natal. Semuanya kemudian berubah dalam waktu semalam ketika dia bertemu dengan malaikat natal masa lalu (Angel of Christmas Past), malaikat natal masa sekarang (Angel of Christmas Present), dan malaikat natal masa depan (Angel of Christmas Yet). Drama ini beraliran komedi Satire yang mengupas banyak sindiran-sindiran sosial dan psikologi dalam realita masa kini.

Akan dipentaskan dalam bentuk teater dengan dialog dibawakan secara 'live' (tidak lysinc/rekaman) dan juga nyanyian secara full dinyanyikan secara live oleh 30 orang pengisi acara. Karena bersetting di kota London di era tahun 1800an maka set dekorasi, kostum, dan make up akan disesuaikan dengan zamannya. Menggunakan efek visual seperti salju dan asap. Efek sound seperti angin, suara kuda, lonceng gereja, dan lain-lain. Menggunakan tata lampu/cahaya seperti fiber optic step light, Spot light, Blitz light.

A CHRISTMAS CAROL diproduksi oleh GBKP Jakarta Pusat dengan tim penyutradaraan

Sutradara : Joey Bangun
CO-Sutradara : Sisca br Bangun
Asisten Sutradara 1 : Triyunita br Pakpahan
Asisten Sutradara 2 : Amelia br Purba


MAGANG
Dengan keinginan melayani dengan bakat dan kesempatan yang telah diberikan oleh yang Kuasa. Maka kami tim kreatif GBKP Jakarta Pusat membuka kesempatan sebesar-besarnya untuk semua gereja GBKP dari berbagai runggun untuk ambil bagian dalam magang proses produksi drama Natal A CHRISTMAS CAROL.
Dari magang ini setiap peserta magang diharapkan dapat mempelajari :
- Teknik penyutradaraan drama/teater secara profesional
- Seni akting/teknik memancing emosi pemain
- Teknik tata panggung/ Set Dekorasi
- Ilustrasi Musik dalam Teater
- Nyanyian dan Tarian dalam pengaturan ritme drama
- Efek Visual dan Sound dalam teater
- Tata lampu/lighting dalam teater (misalnya membedakan suasana siang dan malam)
- Tata Kostum/Wardrobe
_ Make Up Artist/Karakter
- Job Desciption produksi teater : Sutradara, Co-Sutradara, Asisten Sutradara 1, Asisten Sutradara 2, Pimpinan Produksi, Art Director/Penata Artistik, Music Conductor, Effect Director, Koreografer, Stage Manager.

Diharapkan setelah melalui proses magang ini. Apa yang telah dipelajari dapat dipakaikan untuk pengembangan pelayanan di bidang drama di gereja kita masing-masing. Dan kami tidak menutup kemungkinan kalau A CHRISTMAS CAROL dapat dipentaskan juga di gereja peserta magang dengan produksi peserta magang (setelah mendapat lisensi ijin dari Tim Kreatif GBKP Jakarta Pusat).

Syarat Peserta Magang A CHRISTMAS CAROL :
- Mewakili gereja GBKP dari berbagai runggun (maksimal 5 runggun dengan delegasi 2 orang. Jadi 5 runggun pendaftar pertama adalah peserta magang)
- Peserta Magang tidak dipungut biaya apapun
- Peserta Magang tidak dibayar dalam bentuk apapun.
- Peserta Magang berhak ikut serta membantu proses penyutradaraan
- Peserta Magang berhak ambil bagian dalam drama A CHRISTMAS CAROL dan untuk sementara posisi yang ditawarkan adalah sebagai STAGE MANAGER
- Jadwal latihan mulai Minggu tanggal 28 Oktober 2007, dan selama bulan Nopember 2007 setiap hari Minggu jam 6 sore di GBKP Jakarta Pusat. Mulai Desember latihan 2 kali seminggu dengan intensitas latihan 12-15 kali latihan sebelum pementasan.
- Pementasan A CHRISTMAS CAROL akan diadakan tanggal 24 Desember 2007 jam 18.00 WIB di GBKP Jakarta Pusat. Peserta Magang tidak diharuskan hadir dalam pementasan ini. Namun untuk peserta magang yang sudah ambil bagian baik sebagai Stage Manager maupun yang lain wajib hadir dan berperan serta.
- Peserta magang tidak diwajibkan apapun kecuali menjaga ketertiban selama proses latihan.

Untuk informasi & Pendaftaran Magang :
(021) 68474979
atau joeybangun@yahoo.com

Demikian informasi ini kami beritahukan dan disebarluaskan. Semoga kita semua bisa memanfaatkan kesempatan untuk pengembangan gereja kita GBKP dan juga kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus.

Hormat kami

Joey Bangun
Ketua Tim Kreatif
GBKP Jakarta Pusat
Jalan Swadaya V no. 56 Jakarta Pusat 10650
http://www.gbkpjakartapusat.org/
//joeybangun.blogspot.com

No comments: